YUK! PERBAIKI CARA MENGGOSOK GIGI YANG BENAR

MENGGOSOK GIGI YANG BENAR

Ketika bangun tidur pastinya anda akan menggosok gigi. Menggosok gigi ini memang bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi. Dalam menjaga kesehatan gigi ini dapat dilakukan minimal dua kali sehari, pagi dan malam hari. Dengan menjaga kesehatan gigi merupakan antisipasi dalam melawan bakteri. Jika tidak rajin menggosok gigi ini maka akan mengakibatkan gigi berlubang dan merusak gigi. Gigi yang sehat tentunya impian semua orang, karena memiliki gigi yang sehat ini sangat penting. Jika sedang sakit gigi ini rasanya bukan main tentunya. Banyak orang yang selalu menjaga kesehatan gigi ini karena mereka tahu bahwasanya gigi yang sakit akan menimbulkan rasa yang tidak enak sehingga mengganggu aktivitas mereka.

Cara Menggosok Gigi Yang Benar Dan Tepat

Menggosok gigi ini memang rutinitas sehari-hari yang bertujuan untuk memelihara kebersihan gigi. Tak hanya menjaga kesehatan gigi saja, rajin menggosok gigi ini juga dapat menjaga kebersihan mulut. Menggosok gigi ini memang dapat memberikan kita gigi yang bersih dan dapat menghilang bau mulut. Menggosok gigi ini harus rajin, karena gigi dan mulut harus dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan penyakit. Sehingga menggosok gigi ini sangat penting bagi kehidupan manusia. selain menjaga kesehatan gigi dan mulut, menggosok gigi juga dapat mengurangi resiko penyakit. Dalam menggosok gigi harus memperhatikan dan juga harus benar cara menggosok gigi nya. Jika menggosok gigi nya sudah benar dan tepat maka akan mengurangi resiko terkena penyakit gusi, mencegah kerusakan gigi, dan mengurangi terkena gigi sensitif. Untuk itu, berikut step by step cara menggosok gigi secara benar;

  • Posisi sikat gigi

Yang pertama sebelum memulai sikat gigi, genggam sikat gigi kemudian taruhlah bulu sikat gigi pada gigi dekat gusi, posisi sikat tersebut sedikit miring menjadi sudut 45 derajat. Sehingga, hal ini anda tidak menampilkan seluruh bulu sikat di gigi.

  • Mulai menggosok gigi

Saat memulai sikat gigi, mulai lah dari sisi depan gigi di salah satu mulut gigi. Cara menggosok nya yaitu dengan gerakan melingkar berlawanan jarum jam selama 20 detik. Kemudian bersihkan sisi depan, sikat lah gigi bagian belakang, sisi atas dan bawah. Dengan gerakan maju mundur secara perlahan. Kemudian, pastikan semua permukaan gigi telah di sikat, sehingga kotoran atau sisa makanan yang menempel di gigi dapat hilang.

  • Lidah gigi juga di sikat

Ketika semua gigi sudah disikat maka, bersihkan dan sikat lah lidah dengan pembersih lidah (tongue scraper) atau bisa menggunakan bagian bawah sikat gigi yang biasanya dilengkapi pembersih lidah.

  • Menggunakan benang gigi dan diakhiri berkumur

Jika sudah selesai menyikat gigi maka selanjutnya bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi, kemudian berkumurlah dengan air bersih agar kotoran yang terdapat di gigi dan mulut keluar. Kemudian, anda dapat juga menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol atau obat kumur yang diformulasikan khusus.

  • Stop menyikat gigi terlalu keras 

Jangan anda remehkan ketika anda menyikat gigi terlalu keras. Menyikat gigi terlalu keras ini akan mengakibatkan gusi berdarah. Gesekan yang agak kencang ini dapat mengakibatkan tipisnya enamel gigi. Sehingga gigi tersebut menjadi sensitif. Waktu menyikat gigi yang tepat itu 2 menit, jika menyikat gigi secara cepat maka sisa makanan yang ada di gigi masih menempel.

Nah, itulah tips menyikat gigi secara benar dan tepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *